Cheng Ho Style!

"Gangnam Style tidak berpengaruh apa-apa buatku, Cheng Ho style is better!" -Putri-

Sebenarnya aku tidak terlalu suka dengan biografi terutama jkalau menyangkut sejarah. Tapi cerita Laksamana Cheng Ho menjadi kisah favoritku sampai saat ini.

Siapakah laksamana Cheng Ho?

 Dikutip dari Wikipedia :

"Cheng Ho atau Zheng He (Hanzi tradisional:鄭和, Hanzi sederhana: 郑和 , Hanyu PinyinZhèng HéWade-GilesCheng Ho; nama asli: 马三宝 Hanyu Pinyin: Ma Sanbao; nama Arab: Haji Mahmud Shams) (1371 - 1433), adalah seorang pelaut dan penjelajah Tiongkok terkenal yang melakukan beberapa penjelajahan antara tahun 1405 hingga 1433.Cheng Ho adalah seorang kasim Muslim yang menjadi orang kepercayaan Kaisar Yongle dari Tiongkok (berkuasa tahun 1403-1424), kaisar ketiga dari Dinasti Ming. Nama aslinya adalah Ma He, juga dikenal dengan sebutan Ma Sanbao (馬 三保)/Sam Po Bo[1] , berasal dari provinsi Yunnan" [ Wikipedia ]

Ada hal menarik dari seorang Cheng Ho yaitu kaitannya dengan penemuan benua Amerika. Seperti yang diketahui pada umumnya penemu benua Amerika adalah Colombus. Pada kenyataannya, 70 tahun sebelum Colombus menginjakkan kaki disana Cheng Ho sudah menginjakkan kakinya terlebih dahulu.
Lebih hebatnya lagi kapal milik Cheng Ho jauh lebih besar dari kapal Santa Maria milik Colombus (lihat gambar)

Perbandingannya... Subhanallah...
Tapi aku sedang tidak membicarakan sejarah Cheng Ho. Lebih lengkapnya silahkan baca disini Kisah Menarik Laksamana Cheng Ho
Yang paling menarik perhatian aku itu "Antara benua Amerika, Cheng Ho dan Colombus" (bukan judul ftv ya). Bagian mananya Put?
Penemu pertama benua Amerika adalah Laksamana Cheng Ho dengan armada dan pasukan yang lebih besar, sedangkan Colombus menyusul 70 tahun setelahnya. Tapi lihat? Nama siapa yang tertoreh di sejarah? Siapa lagi kalau bukan Christoper Colombus.

Inilah yang sangat ingin ku tiru, tidak perlu iri pada orang lain hanya karena dia lebih tenar atau lebih termasyhur. Kadangkala sifat manusiawi kita memang tak bisa berbohong. Ada iri, dengki dan hasad. Tapi ingatlah semua itu penyakit hati yang akan membuat hidup sengsara.

Menyesalkah Cheng Ho karena bukan namanya yang ditulis di sejarah?
Ku rasa bukan nama yang menjadi hal utama.
Ia hanya ingin usahanya dinilai oleh Allah SWT, penilaian dunia tak ada apa-apanya. Karena manusia tak akan pernah puas menuntut kita sedang diri kita tak pernah sempurna pula.
Sedang Colombus?
Tak ada guna nama terukir di sejarah pabila tak berguna di hadapan-Nya kelak. Ditambah lagi jika sejarah itu adalah kebohongan. Beuh, dobel-dobel lah... Terkenal, termasyhur, diingat orang. Segitu sajakah pencapaian hidup? Tak ingin mencuri perhatian dari-Nya?

Tak bisa disangkal, kadang rasa tak ingin kalah itu muncul. Tapi dengan segera ku jeritkan dalam hati
"THIS IS CHENG HO STYLE!!!  CHENG HO STYLE!!!"
Agar supaya rasa iri tidak sempat singgah di hatiku.

Aku ingin seperti Cheng Ho, tak perduli berapa banyak namamu terukir dalam buku sejarah. Karena yang paling utama adalah mencari keridhoan-Nya.
Sekali lagi...
Cheng Ho Style!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bertemanlah Seperti Rata-Rata Air

Jangan Suka PHP Orang, Ini Denda yang Harus Dibayar!

Barbie Berjilbab, Potret Muslimah Kita