Kepada yang Telah Berjasa dalam Hidup


Dalam kehidupan selalu ada yang berjasa dalam hidup kita. Kepada orang-orang tersebut layaklah kita mengucapkan terima kasih.

Mereka yang berjasa tidaklah selalu orang-orang yang memberi kebaikan dalam hidup kita.
Mereka yang berjasa bukanlah orang yang melulu memberi kebaikan, motivasi, semangat, inspirasi... Bukan, bukan hanya mereka.

Peran yang lain malah dimiliki oleh mereka yang sering memojokkan, menjatuhkan, mengkritisi, atau menghina kita.Ucapkanlah terima kasih kepada mereka.

Karena saat mereka memojokkan kita, kita bangkit untuk menunjukkan bahwa diri ini tak seburuk yang mereka pikirkan.
Karena saat mereka mengkritisi, saat itulah mereka memperhatikan kita sangat detail sehingga kita menyadari apa-apa yang belum kita ketahui tentang diri ini sebelumnya.
Karena saat mereka merendahkan kita, disitulah momen kita untuk menampilkan kemampuan diri.

Merekalah yang menempa kita menjadi setegar karang, merekalah yang menyadarkan kita bahwa hidup tak selalu bisa memuaskan semua orang namun kita tetap bisa menjaga hubungan baik dengan semua orang, dan mereka jugalah yang ikut membangun karakter diri kita.

Jangan mundur saat dicerca atau di-bully, anggaplah itu seperti proses menggosok dalam penempaan berlian. Apa yang menjadikannya bersinar? Tentu proses tersebut.
Bukan dendam yang kita tanam, tapi pastikan dalam hati bahwa satu hari nanti kita harus berterima kasih pada mereka. Berterima kasih karena telah berjasa membentuk kita menjadi pribadi yang kuat dan tegar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bertemanlah Seperti Rata-Rata Air

Jangan Suka PHP Orang, Ini Denda yang Harus Dibayar!

Barbie Berjilbab, Potret Muslimah Kita