New Santri on Ramadhan

Ini ceritaku waktu pertama kali menjalani puasa sebagai anak pesantren...

Pertama puasa di pesantren kaget juga sih, karena di SD kan biasanya enggak sekolah kalau bulan puasa. Sementara di pesantren kita masuk sekolah kayak biasa, cuma jam belajarnya dikurangi. Yang biasanya per jam belajar itu 45 menit dikurangi jadi 30 menit. Pun banyak kompensasinya, misalnya aja kalau kita pada lemas usatdznya mau ngasih istirahat. Hehe~

Kekagetan kedua adalah jam sahur. Kalau di rumah kan sahur jam setengah 5-an jadi udah dekat subuh. Ya kalau di rumah sih emang cepat ya, namanya aja kita cuma berempat. Nah ini satu pesantren ada 2000 orang!!! Jadi jam setengah 4 udah mulai dibangunin. Paling lama jam 4 semua udah duduk di dapur. Jadi kira-kira setengah 5 udah siap makan dan siap-siap ke mesjid untuk sholat subuh.
Awalnya kaget dong! Dalam keadaan setengah ngantuk kita jalan ke dapur, terus sampai dapur sanggup-sanggupnya tidur lagi di meja makan. Hahaha...
Terus ada yang unik kalau bulan puasa. Jadi menu makanan kesukaan santri itu kan ayam. Mau ayam sambal, ayam gulai, yang penting bukan ayam hidup pasti habis deh. Nah, kalau di awal puasa itu menu makanan kita segala macam olahan ayam. Tapi nanti di akhir puasa, tinggal ikan asin ama telur aja menunya -___-"

Kekagetan ketiga itu sholat Tarawih. Kan waktu jaman SD tarawihnya nggak wajib. Kalau aku capek, aku duduk, kalau ngantuk aku pulang. Namanya juga masih anak-anak. Tiba di pesantren, tarawih jadi keharusan untuk semua santri. Dan ternyata disana tarawihnya 23 rakaat!!! (kaget)
Aku masih kelas 1 SMP, masih anak baru lah waktu itu.
Jadi ada kejadian lucu pas tarawih. Karena rakaatnya banyak, aku ngantuuuk banget. Sujud tuh kan posisi nyaman yah, aku keterusan sujudnya gak bangun-bangun alias tidur!
Jadi di mesjid itu ada namanya Qismu Ta'lim (bagian Pengajaran), kalau di mesjid tugasnya mengawasi sholat. Termasuk yang main-main, yang ngantuk, yang enggak baca Qur'an, yang enggak sholat Sunnah, ya sejenisnya deh. Pokoknya bagian ini termasuk jajaran bagian killer setara dengan Keamanan dan Bahasa.

Aku yang lagi dalam keadaan sujud (tertidur) tiba-tiba dibangunin sama temen.
"Put... Put...", katanya sambil menggoncang-nggoncang aku.
Antara sadar dan enggak sadar, aku mikir ada bagian Pengajaran di belakangku, dan aku berpikir ini masih tarawih. Sontak aku berdiri dan langsung RUKU'! Sementara semua orang dalam keadaan duduk dan sedang doa.. Asli memalukan! Haha...

Banyak lagi yang unik-unik pas puasa sebenarnya, contohnya kayak waktu bukaan.
Kita kumpul-kumpul bahan (bukan uang) untuk buka bareng. Misalnya si A punya sirup, si B punya susu. Nanti kita mix susu campur sirup. Terus makanannya juga mix, tergantung isi lemari masing-masing. Jadi di pesantren itu enggak ada yang bukaan sendiri, paling enggak berdua. Selebihnya berkelompok karena lebih asyik sih. Kelompoknya juga bisa ganti-ganti tiap hari, tergantung kita mau bukaan ama siapa.

Awal jadi santri emang kaget, tapi sesudah jadi alumni malah kangen :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bertemanlah Seperti Rata-Rata Air

Jangan Suka PHP Orang, Ini Denda yang Harus Dibayar!

Barbie Berjilbab, Potret Muslimah Kita