Ahli Ibadah? Ahli Manfaat?


"Lebih baik kamu menjadi ahli manfaat daripada menjadi ahli ibadah"

Kata-kata inilah yang diucapkan Tuan Guru Dai Muda, Ustadz Bachtiar Nasir sewaktu masih belajar di majelis ilmu. Why? Kenapa harus ahli manfaat? Bukan ahli ibadah?

Yuk kita bahas...

Ahli ibadah kita ibaratkan seperti seorang kaya raya yang punya banyak uang di bank. Uangnya dia kumpulkan sendiri, tapi tidak pernah dikeluarkan untuk digunakan membeli sesuatu. Istilahnya 'Uang Tidur' kalau dalam Ekonomi. Bermanfaatka uangnya? No!
Ahli ibadah juga hanya memiliki hablumminallah (hubungan dengan Allah) yang baik, tapi belum tentu memiliki hablumminannaas (hubungan dengan manusia) yang baik pula...

Bedanya dengan ahli manfaat, kita ibaratkan seperti seorang yang biasa saja punya uang cukup-cukup tapi uangnya digunakan untuk memodali usaha orang. Nah, nanti kan dia bakal dapat untung dari orang yang dimodalinya tadi. Walaupun dia hanya punya sedikit, bisa berbagi sedikit, dapat hasil sedikit tapi keuntungannya banyak. Apa dia?
1. Orang yang ditolongnya menjadi saudara
2. Keuntungan sedikit tapi terus menerus
Begitulah gambarannya. Ahli manfaat memiliki keduanya, hablumminallah sekaligus hablumminannaas yang baik. Kenapa? Karena ketika seseorang sudah bermanfaat bagi orang lainnya, maka saat itu secara tidak langsung ia sudah beribadah. Allah bilang, "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi lainnya"
Satu lagi, ada sebuah hadits yang mengatakan "Jika engkau mensyukuri yang sedikit maka engkau telah mensyukuri yang banyak. Jika engkau berterimakasih pada manusia maka engkau telah berterima kasih kepada Allah".
So, berusahalah untuk menjadi ahli manfaat. Karena setiap manfaat yang kita berikan kepada orang lain, maka kita akan mendapat kebaikan dua kali lipat dari kebaikan yang sudah kita berikan. Enak kan?
Apalagi kalau membantu melepaskan orang dari masalah, maka Allah akan lepaskan pula satu masalah kita di akhirat kelak :)

Wallahu a'lam bisshawab

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bertemanlah Seperti Rata-Rata Air

Jangan Suka PHP Orang, Ini Denda yang Harus Dibayar!

Barbie Berjilbab, Potret Muslimah Kita