Kasih Sayang, Siapapun Suka

Banyak sekali kerusakan di muka bumi terjadi karena ketiadaan kasih sayang.

Anak yang broken, akibat ketiadaan kasih sayang keluarga.

Alam yang rusak, akibat ketiadaan kasih sayang terhadap lingkungan.

Akidah yang rusak, akibat ketiadaan kasih sayang terhadap Tuhan.

Pada dasarnya semua orang akan menyukai kasih sayang, dalam bentuk apapun itu.

Sebuah hikmah aku dapatkan dari kejadian seorang teman. Aku tidak tahu apa pasalnya tiba-tiba temanku kemasukan makhluk gaib di kelas saat perkuliahan berlangsung. Sontak sekelas panic dan seketika kampus menjadi ramai. Aku yang duduk di belakangnya berusaha menjaga dia agar tidak kenapa-kenapa. Sebab jujur saja, aku tidak punya kemampuan apapun soal makhluk astral. Banyak sekali yang berusaha mengeluarkan ‘si dia’ itu dengan cara yang berbeda-beda. Aku yang disampingnya ikutan kena, mulai dari dilempar garam sampai dicipratin air. Pasrah aja deh pokoknya…

Selama ‘si dia’ lagi di badan kawanku, aku ajak ‘si dia’ ngobrol. Ternyata ‘si dia’ ini kesepian dan merasa sangat sedih. Belakangan aku baru tahu kalau ‘si dia’ perempuan dan masih anak-anak. Wajar rada-rada manja dan mentel.

Nah, disitu ada juga abang kelasku dari pesantren, dia berusaha ngeluarin ‘si dia’ tapi enggak dengan cara yang kasar. Ada beberapa orang yang bantu ngeluarin dengan cara ngebentak dan marah-marah. Eh, si temen tadi mendadak berusaha mencium abang kelas tadi. ‘Si dia’ enggak marah setiap kali abang ini yang megang, walaupun sakit tapi dia tidak membentak makanya ‘si dia’ enggak melawan.

Esok harinya setelah temanku ini sembuh dan masuk kelas lagi, dia cerita kalau kemarin itu dia bisa merasakan perasaan ‘si dia’ karena ternyata ‘si dia’ membuat temanku sadar sepenuhnya tapi tidak bisa mengontrol dirinya alias dikuasai sama ‘si dia’. Nah temanku cerita kalau ‘si dia’ seneng sama aku karena aku enggak ngebentak dan bisa buat dia tenang kemarin. Satu lagi si abang kelasku itu, dia sukaaa banget makanya sampai berusaha mencium abang kelasku ini. Katanya walaupun sakit, abang itu enggak bikin dia marah.

Begitulah jangankan manusia, makhluk astral pun lebih suka diberikan kasih sayang ketimbang dibentak-bentak. Kasih sayang bisa melembutkan hati yang keras, mendinginkan emosi yang panas, membuatku hidup jauh lebih tenang. So, kenapalah harus ada kekerasan padalah setiap kita pada dasarnya sangat menyukai kasih sayang.


Kelembutan, tidak akan menurunkan harga diri. Seorang pemimpin boleh lembut, tapi tetap tegas. Ketegasan tidak ditunjukkan dengan otoritas, marah-marah, nunjuk-nunjuk atau angkat senjata. Tegas jangan sampai menjadikan hati keras. Kasih sayang, kasih sayang, kasih sayang akan mengubahnya…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bertemanlah Seperti Rata-Rata Air

Jangan Suka PHP Orang, Ini Denda yang Harus Dibayar!

Barbie Berjilbab, Potret Muslimah Kita