BEAUTY of Me


Semua wanita pasti ingin tampil cantik dan menarik. Hal ini konon disebabkan oleh adanya hormon estrogen yang hanya dimiliki oleh wanita sehingga muncul perasaan ingin cantik, ingin diperhatikan dan sebagainya. Menjadi cantik bahkan bisa menjadi obsesi luar biasa para wanita sampai rela menghabiskan jutaan bahkan miliaran untuk menghasilkan penampilan menarik. Maka tak heran ketika operasi plastik menjadi cara instan untuk memperbaiki penampilan walaupun tak sedikit juga kasus kegagalan operasi plastik ini gagal. Efeknya bisa terjadi kerusakan tubuh secara permanen sampai kematian.

Niatnya operasi plastik biar cantik, malah...

Suatu hari, saya pernah menulis catatan di akun jejaring saya yang berjudul "Thanks God, Im not Beautiful" dimana saya bercerita tentang kesyukuran bahwa saya tidak cantik. Catatan ini banyak direspon oleh teman-teman saya secara langsung ataupun tidak langsung. Dan rata-rata mengungkapkan perasaan yang sama dengan tulisan saya. Apakah ini bukti bahwa populasi wanita kurang cantik semakin banyak? Oh bukan tentunya! Bisa jadi yang semakin banyak adalah orang yang kurang bersyukur atas kecantikannya.
Semua wanita terlahir cantik sama halnya dengan semua manusia yang tercipta sempurna. Dan Islam sebenarnya sudah memberi ‘resep’ cantik yang bahkan tanpa biaya sedikitpun! Kita mulai dari yang paling sederhana.

(1)    Bersyukur
Ingat akan firman Allah yang berbunyi, “Apabila kamu bersyukur atas nikmat-Ku maka akan Kutambahkan bagimu, dan apabila kamu inkar terhadap nikmatku sesungguhnya azabKu amatlah pedih”. Seperti itulah ketika kita mensyukuri fisik yang diberikan Allah. Misalnya punya hidung pesek, ya syukuri saja. Bagaimana dengan yang tidak punya hidung? Atau punya kulit gelap? Syukuri saja, setidaknya pigmen kulit kita masih bekerja dengan baik bukan?
Dan saat kita mensyukurinya maka Allah akan tambahkan kecantikan itu. Melalui apa? Melalui sebuah rasa puas sehingga tidak terobsesi kecantikan semu belaka. Sebaliknya, semakin kita tidak bersyukur maka kita akan memiliki rasa tidak puas yang berujung pada tindakan mengubah penampila yang semakin tidak wajar.

(2)    Sholat dan Berdoa
Emang bisa cantik cuma sholat sama doa doang? Ya bisalah! Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sholat tahajjud bisa menstabilkan hormon Melatonin yang berguna untuk membatasi pemicu tumor seperti Estrogen tadi.  Satu lagi yang paling mudah! Ketika bercermin ada doanya tuh, “Allahumma kama hassanta khalqi fahassin khuluqi” Ya Allah sebagaimana Engkau baikkan rupaku, maka baikkanlah akhlakku”. Ini namanya doa bonus. Sudah dipercantik rupanya, dipercantik pula akhlaknya.

Ini hanya secuil cara cantik yang disarankan dalam Islam. Pasti masih banyak lagi rahasia kecantikan lainnya yang harus kita gali.

“Sesungguhnya dunia ini seluruhnya adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholehah”

Di akhir tulisan ini saya teringat dengan kutipan dari sebuah buku bahwa “Janganlah memberi makan fisikmu saja yang kelak akan dimakan cacing akhirnya, sedangkan jiwamu kau biarkan kelaparan”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bertemanlah Seperti Rata-Rata Air

Jangan Suka PHP Orang, Ini Denda yang Harus Dibayar!

Barbie Berjilbab, Potret Muslimah Kita